Pada mata kuliah ini membahas mengenai penyajian  data – data (statistic deskriptif) maupun inferensi statistic yang cepat saji dalam bentuk pengujian hipotesis  dan estimasi parameternya dengan metode statistik parametric maupun non parametrik

Mata kuliah Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota yang diberikan kepada mahasiswa PWK semester 1 memberikan pengenalan awal mengenai objek dan konsep perencanaan wilayah dan kota, serta pengenalan orientasi pendidikan dan profesi perencanaan wilayah dan kota di Indonesia, sebagai modal dasar dan jembatan bagai mahasiswa untuk memasuki Program Studi D3 Perencanaan Wilayah dan Kota.

Geologi Lingkungan merupakan mata kuliah pendukung dalam Program Studi Diploma III Perencanaan Wilayah dan Kota. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami konsep dasar dan penerapan prinsip-prinsip dasar geologi lingkungan di bidang  Perencanaan Wilayah dan Kota.

Mata kuliah ini membahas   tentang   dasar   pengetahuan   kebumian,  khususnya  informasi  geologi  lingkungan. Geologi lingkungan memiliki peranan penting dalam perencanaan wilayah dan kota, yaitu sebagai salah satu pondasi dalam menyusun rencana tata ruang. Informasi geologi yaitu terkait dengan kondisi fisik lingkungan seperti topografi, curah hujan, mineral, batuan, jenis tanah, bahaya geologi dan hidrologi.  Informasi ini menjadi parameter dalam menentukan kesesuaian lahan untuk kawasan lindung, penyangga dan budidaya. Dalam pembelajaran ini juga memaparkan masalah-masalah peruntukan lahan pada wilayah rawan bencana, sehingga mahasiswa memahami dengan jelas akibat perencanaan tata ruang yang kurang memperhatikan aspek geologi lingkungan.

Mata Kuliah Perencanaan Tapak ini menitikberatkan pada kemampuan mahasiswa dalam memahami karakter fisik alam, proses perkembangan kota, bentuk kota sebagai dasar untuk Perencanaan Tapak dan mengaplikasikannya dalam bentuk gambar kerja (grafis). Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar tentang permasalahan suatu tapak, pembangunan konsep baru suatu tapak, analisis karakteristik fisik dan nonfisik suatu tapak, serta komponen perancangan lain untuk membuat suatu desain rencana tapak pada suatu kawasan.


Mata kuliah ini akan membahas elemen dan sistem sumberdaya alami, kapasitas pendukung serta dampak kegiatan ekonomi dan sosial terhadap lingkungan. Pemahaman akan karakteristik dan kebutuhan masing – masing elemen sumberdaya alami tersebut akan menjadi dasar analisis yang bermanfaat bagi kepentingan perencanaan wilayah dan kota.

Mata Kuliah Gambar Teknik merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program Diploma tiga (DIII) semester II Perencanaan Wilayah dan Kota Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro.

Mata Kuliah Gambar Teknik mempelajari mengenai teknik menggambar ruang 2 dimensi dan 3 dimensi dalam peta dan elemen pembentuk massa bangunan. Apabila mahasiswa menguasai mata kuliah ini akan dapat dengan mudah memahami dan menerapkan gambar ruang 2 dan 3 dimensi pada tugas-tugas perencanaan pada semester-semester selanjutnya.