Mata kuliah Sistem Informasi Geografis mempelajari konsep dan sistem kerja SIG,
mempelajari prosedur pembangunan data-data geospasial dan analisis spasial dasar 
yang digunakan dalam pemecahan masalah tematik keruangan dengan SIG


Ekologi Pertanahan secara umum lingkup yang dikaji meliputi : atmosfer, biosfer, hidrosfer, litosfer, pedosfer dan anthrosfer. Lingkup studi ini merupakan fenomena Geosfer yang mempunyai karakteristik alami dari permukaan bumi sampai  ruangan di atas permukaan bumi. Studi bentang alam ini mencakup fenomena dan proses dalam suatu bentang alam dalam ruang dan waktu yang mencakup komunitas tanah, tanaman, hewan dan manusia. Dengan adanya mata kuliah ini diharapkan dapat memberikan klasifikasi tentang lahan dan interaksinya dengan lingkungan sekitar

Topografi secara ilmiah artinya adalah studi tentang bentuk permukaan bumi dan objek lain seperti planetsatelit alami (bulan dan sebagainya), dan asteroid. Dalam pengertian yang lebih luas, topografi tidak hanya mengenai bentuk permukaan saja, tetapi juga vegetasi dan pengaruh manusia terhadap lingkungan, dan bahkan kebudayaan lokal(Ilmu Pengetahuan Sosial). Topografi umumnya menyuguhkan relief permukaan, model tiga dimensi, dan identifikasi jenis lahan.

Mata kuliah CAD adalah mata kuliah teori dan praktik yang berorientasi membantu mahasiswa dalam memperoleh kompetensi membuat rancang bangun dengan berbantuan komputer. Materi yang dipelajari meliputi konsep dan pembuatan gambar dua dimensi, menyunting dan mengolah obyek-obyek dua dimensi, tata letak dan pencetakan gambar kerja sesuai standar ISO, konsep pemodelan tiga dimensi tingkat dasar dan pembuatan gambar kerja dari model tiga dimensi, pemodelan dan perancangan tiga dimensi tingkat lanjut.