Kuliah ini membahas deskripsi dan klasifikasi batuan karbonat, fasies, lingkungan pengendapan, dan diagenesa batuan karbonat melalui pengamatan sayatan tipis, slab, maupun outcrop.

Dalam kegiatan praktikum petrografi ini, praktikan akan melakukan identifikasi mengenai tekstur, struktur, komposisi mineral. kemudian praktikan akan memberikan nama batuans esuai dengan klasifikasi yang sesuai. gSetelah itu, praktikan memberikan interpretasi mengenai proses yang mempengaruhi asal-usul dan kejadiannya, termasuk kaitannya dengan posisi tektoniknya dan mineralisasi dalam tubuh batuan

Geologi Indonesia membahas stratigrafi dan struktur regional di Indonesia dan beberapa contoh di daerah-daerah yang beraneka ragam. Uraian macam cekungan, proses sedimentasi, perkembangan, hubungan dan diskripsi dari beberapa cekungan terutama pada zaman Tersier. Aplikasi stratigrafi di Indonesia khususnya dalam eksplorasi sumberdaya energi dan mineral. Fisiografi dan konfigurasi struktur Indonesia, Perkembangan Stratigrafi Indonesia pada saat Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum ditinjau dari segi tektonik dan hubungannya dengan penyebaran sumber daya mineral dan energi, serta bencana alam.

Geologi Bawah Permukaan membahas metode-metode pengolahan data bawah permukaan berupa data sumur dan data geofisika untuk keperluan eksplorasi migas. Dalam kuliah ini dibahas mengenai pengetahuan yang perlu dimiliki dalam visualisasi, analisis, evaluasi, serta penyajian hasil pengolahan data geologi bawah permukaan untuk membuat model statis reservoir, perhitungan cadangan hidrokarbon, serta klasifikasi cadangan.

Geofisika Dasar membahas tentang penguasaan metode dan pengolahan data penelitian secara gravitasi dan magnetik, dasar-dasar kelistrikan dan penjalaran getar gelombang secara elastis di dalam batuan.

Mata kuliah Hidrogeologi berkaitan dengan definisi hidrogeologi, keberadaan airtanah, hidrolika air, kualitas airtanah, pengelolaan airtanah, dasar-dasar pemodelan serta hubungan intrusi air laut dengan air tawar.