Mata kuliah survey tambang dan terowongan diadakan dengan harapan mahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip geodesi dalam pekerjaan pertambangan secara menyeluruh dan benar. Materi dibagi menjadi dua bagian besar yaitu Aspek geodesi dalam survey tambang dan terowongan, dan Peran geodesi dalam pemantauan dampak lingkungan pertambangan.

Materi kuliah Survey Rekayasa II  mencakup penjelasan tentang konsep dasar pekerjaan pengukuran dan pemetaan untuk keperluan pelaksanaan konstruksi serta sarana dan prasarana infrastruktur lainya sehingga mahasiswa dapat mengetahui berbagai jenis pekerjaan untuk keperluan pelaksanaan konstruksi seperti pada pemasangan patok untuk pembangunan jalan, jembatan, gedung, bendungan (waduk), saluran irigasi, sungai, tanggul, terowongan dan pelaksanaan konstruksi bangunan  lainnya.

Kadaster Kelautan

: Sebuah sistem informasi kelautan (tiga dimensi yang mencakup ruang horisontal di permukaan laut dan ruang vertikal laut seperti kedalaman laut) yang mencakup hak-hak, batas dan tanggung jawab pengelolaan ruang laut untuk kesejahteraan bersama dan dapat dipertanggungjawabkan secara yuridis dalam skala lokal, regional, dan internasional.