Kurikulum dan Silabus adalah mata kuliah hakikat, prinsip penyusunan kurikulum atau silabus, analisis kebutuhan, hasil analisis kebutuhan yang digunakan untuk menentukan tujuan umum pembelajaran, standar kompetensi yang ditentukan, isi pembelajaran, urutan pembelajaran, dan evaluasi serta asesmen yang digunakan untuk menilai hasil pembelajaran. Dalam perkuliahan ini, istilah kurikulum dibedakan dengan istilah silabus, karena diyakini bahwa kurikulum bersifat umum sedangkan silabus lebih bersifat spesifik dan rinci untuk menjadi pedoman pelaksanaan pembelajaran. Kurikulum merupakan desain perencanaan dalam pembelajaran bahasa dalam hal ini bahasa Inggris sebagai bahasa asing. 

Dalam perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan menyusun atau mendesain ulang kurikulum dan silabus program pembelajaran yang dilakukan. Dengan demikian, selain mempelajari teori, mahasiswa mempraktekkan menyusun kurikulum dan silabus yang didasarkan pada pendekatan student-centered learning, sehingga setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dimaksudkan untuk menjadikan siswa aktif agar standar kompetensi bisa tercapai dengan maksimal. 

Pada akhir semester, mahasiswa wajib menyerahkan desain umum kurikulum dan sampel silabus satu pertemuan proses pembelajaran.