Mata kuliah ini akan membahas tentang definisi energi dan konsep konversi energi, status dan kondisi energi di Indonesia, arah kebijakan nasional dan global, sumber-sumber energi terbarukan  solar energi, wind energi, mikrohidro energi, biodiesel, bioetanol, dan biogas, penggunaan energi dalam tiga (3) sektor (rumah tangga, industri dan komersial), teknologi hemat energi dalam 3 sektor dan konsep audit energi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang , perencanaan monitoring lingkungan, evaluasi dapenyusunan indeks secara kuantitatif (indeks kualitas air, udara, tanah, sosial dan biologi) dalam rangka  pengelolaan kualitas lingkungan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang membahas tentang manajemen persampahan suatu kota atau wilayah yang mencakup aspek peraturan, aspek kelembagaan, aspek teknik operasional (pewadahan dan penyapuan, pengumpulan, pemindahan, pengangkutan, pemrosesan akhir), aspek pembiayaan dan aspek peran serta masyarakat. Sehingga pada akhir kuliah mahasiswa dapat merencanakan dan mengevaluasi manajemen persampahan sebuah kota/wilayah dengan baik.

Ekonomi lingkungan membahas lingkungan dilihat dari sudut pandang ekonomi, mencakup berbagai permasalahan lingkungandan konsekuensi ekonominya. Selain itu juga dijelaskan tentang berbagai pendekatan bagaimana menentukan nilai ekonomi lingkungan atau bagaimana memberi .