Batubara salah satu merupakan sumber energi yang penting bagi kehidupan manusia. Batubara banyak dimanfaatkan secara luas baik sebagai bahan bakar atau bahan baku untuk pembuatan produk lain. 

Mata kuliah Teknologi Batubara menjelaskan mengenai tahapan pembentukan batubara, kalasifikasi batubara (rank, grade, type), analisis batubara, teknik pembakaran batubara, teknologi konversi batubara (karbonisasi, gasifikasi dan liquifaksi), dan efek batubara terhadap manusia dan lingkungan.

Mata kuliah Teknologi Batubara (B) merupakan lanjutan dari Teknologi Batubara (A) yang lebih berfokus pada teknologi konversi batubara.


Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa seharusnya mampu menjelaskan mekanisme dan konsep dari prses pemisahan berdasarkan perpindahan panas yang diaplikasikan terhadap proses kristalisasi, pengeringan, humidifikasi  dan evaporasi,

Teknologi membran merupakan salah satu dari teknologi separasi yang digunakan untuk banyak aplikasi di berbagai bidang baik kesehatan, industri makanan, pengolahan limbah dan lain-lain.  Manfaat kuliah Teknologi Membran bagi mahasiswa agar mahasiswa memahami konsep dasar dan juga bisa merancang proses pemisahan berbasis membran pada berbagai Industri.

Mata kuliah Teknologi Membran membekali pengetahuan tentang pengertian membran, keunggulan dan kelemahan, klasifikasi, teknik pembuatan membran, karakterisasi membran, desain proses, modul membran, fouling dan polarisasi konsentrasi, teknik regenerasi, aplikasi membran di industri.

Teknologi membran merupakan salah satu dari teknologi separasi yang digunakan untuk banyak aplikasi di berbagai bidang baik kesehatan, industri makanan, pengolahan limbah dan lain-lain.  Manfaat kuliah Teknologi Membran bagi mahasiswa agar mahasiswa memahami konsep dasar dan juga bisa merancang proses pemisahan berbasis membran pada berbagai Industri

Mata kuliah Teknologi Membran membekali pengetahuan tentang pengertian membran, keunggulan dan kelemahan, klasifikasi, teknik pembuatan membran, karakterisasi membran, desain proses, modul membran, fouling dan polarisasi konsentrasi, teknik regenerasi, aplikasi membran di industri dan stusi kasus.