I.              Deskripsi  Singkat

Seminar adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Dalam kurikulum 2014 Seminar (TKA 763)  adalah kelompok mata kuliah ketrampilan yang berkedudukan di Semester 7 dengan beban 2 SKS.

Mata kuliah Seminar mengaplikasikan bidang ilmu arsitektur dalam suatu penulisan ilmiah melalui proses penelitian, penelaahan teori dan pengkajian fenomena kasus untuk dapat disajikan dalam bentuk laporan dan dapat dipresentasikan dalam suatu kegiatan seminar.

II.            Relevansi

Mata kuliah ini merupakan paduan dari mata kuliah yang telah ditempuh mahasiswa pada semester 1 sampai 6 yaitu penerapan mata kuliah Metodologi Penelitian pada Semester IV sebagai panduan penyusunan dan materi/isi berkaitan dengan keilmuan arsitektur seperti : Perancangan Arsitektur, Perencanaan dan Perancangan Kota, Struktur dan konstruksi, Utilitas, Perumahan dan Permukiman, Fisika Bangunan, Bahan Bangunan, Tata Ruang Dalam, Tata Ruang Luar, Perancangan Kota, Sejarah Arsitektur, Prilaku dalam Arsitektur dan lain-lain.

Pada Mata kuliah Metodologi Penelitian mahasiswa sudah mendapatkan dasar pengetahuan penelitian ilmiah dan materi perkuliahan ilmu arsitektur sebagai entry behavior pada mata kuliah Seminar.

Mata kuliah ini terdiri dari dari beberapa pokok bahasan yang merupakan satu kesatuan yang saling terkait satu sama lain, dengan penyajian secara sistematis dan berurutan karena merupakan urutan suatu proses. Pembahasan Tema merupakan bahasan awal yang menyangkut konsentrasi materi berdasarkan minat dan kemampuan mahasiswa. Dilanjutkan dengan menentukan judul untuk menentukan kedalaman dan cakupan penelitian. Mahasiswa akan dibekali teknik penyusunan proposal hingga proses penyusunan laporan dan ditahap akhir diharapkan mahasiswa mampu untuk mempresentasikan hasil penulisan ilmiah mereka.   

III.           Kompetensi

3.1.        Standar Kompetensi

Setelah mengikuti dan menyelesaikan mata kuliah Seminar diharapkan mampu menyusun suatu laporan penelitian bidang arsitektur dan mempresentasikan serta membahas dalam suatu seminar.

3.2.        Kompetensi Dasar 

Setelah mengikuti perkuliahan Seminar mahasiswa diharapkan :

a)    Mampu menjelaskan dan menemukan tema

b)    Mampu membaca permasalahan atau fenomena terutama dalam bidang Arsitektur

c)    Mampu mengembangkan dan menemukan judul

d)    Mampu menyusun proposal

e)    Mampu memilih  landasan teori yang berkaitan dengan judul penulisan

f)     Mampu menggali data dilapangan

g)    Mampu menganalisis kasus/persoalan lapangan dengan landasan teori yang telah dipilih

h)    Mampu menyusun kesimpulan hasil analisis

i)      Mampu memberikan rekomendasi yang sesuai dengan kasus yang dibahas

j)      Mampu mempresentasikan hasil karya ilmiah dengan baik.

 

IV.          Petunjuk Belajar

Agar mahasiswa mudah memahami mata kuliah seminar ini, maka mahasiswa diharapkan mempelajari teori yang terkait dengan tema yang diambil, serta mahasiswa diharapkan terjun langsung melihat permasalahan yang terjadi sehingga mampu menyusun laporan yang sesuai dengan petunjuk yang diberikan sebelumnya. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil sehingga mempermudah dalam proses mendataan dan penyusunan laporan

Dalam perkuliahan ini dibahas proses perencanaan dan perancangan Tapak, analisis tapak dan tanggapan, konsep dan perancangan tapak sesuai dengan lingkungan setempat, serta bentang alam ( lansekap ) dalam perancangan berkelanjutan. Di dalamnya membahas mengenai prinsip perancangan Tapak, kaidah penataan Tapak, detail Tapak dan tipe-tipe perancangan Tapak menurut fungsi bangunan.