Mata Kuliah ini membahas mengenai pengertian, fungsi/peran dan tujuan manajemen pembiayaan/ keuangan khususnya agribisnis dan segala aspek yang menyangkut pembiayaan dan keuangan perusahaan  secara umum dan agribisnis secara khusus.

Selain itu dibahas pula mengenai sistem moneter di Indonesia, bisnis perbankan, masalah perkreditan serta skim kredit dalam bidang agribisnis, serta berbagai lembaga keuangan bukan bank. Pada akhirnya diperkenalkan beberapa teknik analisis memahami kondisi keuangan perusahaan misalnya analisis ratio, analisis sumber dan penggunaan modal, serta analisis nilai waktu dari uang.

Riset Operasi menjelaskan tentang konsep dasar dan teknik-teknik yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Mahasiswa akan mempelajari materi linier programming dengan materi metode grafik, simpleks, analisis sensitivitas dan teori dualisme serta metode transportasi. Model operasi dengan materi analisis jaringan kerja menggunakan CPM dan PERT serta model probabilistik dengan materi teori keputusan juga akan dipelajari pada mata kuliah ini

Mempelajari Pengertian dan ruang lingkup metoda kuantitatif dalam peneltian agribisnisData, variable , indicator, nilai,  skala pengukuran, validitas dan reliabilitas data, tatacara komputasi SPSS data kuantitatif untuk menarik kesimpulan berupa gambaran-gambaran prediksi dengan  pernyataan peluang kesalahannya berdasar data parametrik dan non parametrik.

Menjelaskan dan membahas tentang evolusi (sejarah) pendekatan pembangunan pertanian di Indonesia, ruang lingkup agribisnis,pelaku dan kelembagaan penunjang agribisnis, pengelolaan sumber daya manusia, agribisnis hulu (penyediaan modal), kegiatan usahatani (pengelolaan produksi primer dan sekunder), agribisnis hilir (teknologi paska panen, resiko, pemasaran), analisis finansial dan pembukuan agribisnis

Pada akhir kuliah mahasiswa mampu menjelaskan segi ekonomi dari produksi, perilaku hubungan produk dengan input,  hubungan biaya dengan produk, mampu menilai optimasi input-output, input-input, output-output dan firm/perusahaan

Manajemen pemasaran adalah mata kuliah yang membahas tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen pemasaran, analisis situasi pasar, peluang dan pengkuran pasar, strategi dan program pemasaran serta koordinasi dan pengendalian kegiatan pemasaran. 

 


Mempelajari dan membahas berbagai aspek untuk dapat melakukan penelitian bidang agribisnis, yang meliputi : Pengetahuan dan Sains, Penelitian dan tahapannya, Metode Penelitian, Perencanaan Penelitian, Proses Penelitian Survai, Satuan-satuan Sampling, Sampling Methods, Hipotesis, Pembuatan Kuesioner, Pengumpulan Data, Pengolahan dan Analisis Data, Sistematika dan Pebuatan Proposal serta Penulisan Laporan, Pustaka.

Mata kuliah ini membahas metode pengumpulan data, pengolahan dan analisis, penarikan kesimpulan, serta pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan data dan analisis yang dilakukan.

matakuliah ini mempelajari tentang sosiologi pedesaan