Teknologi Pengolahan Ikan mempelajari tentang kandungan dan sifat-sifat ikan sebagai bahan pangan, prinsip dan pemanfaatan proses alami dalam pengolahan ikan, pengembangan produk olahan ikan, perkembangan industri perikanan, dan pengendalian mutu produk olahan ikan.

Teknologi Pengolahan Ikan mempelajari tentang kandungan dan sifat-sifat ikan sebagai bahan pangan, prinsip dan pemanfaatan proses alami dalam pengolahan ikan, pengembangan produk olahan ikan, perkembangan industri perikanan, dan pengendalian mutu produk olahan ikan.

Diskripsi:

Pengertian kimia pangan, gizi pangan dan ruang lingkupnya. Komponen kimia pangan (air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Komposisi kimia pangan hasil pertanian (hewani dan nabati), serta komponen bioaktif.  Perubahan komponen kimia pangan akibat proses pengolahan pangan. Gizi dan evaluasi gizi pangan (karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Sifat fisik dan perubahan fisik pangan.  Senyawa antigizi dan fitokimia. Pengaruh pengolahan terhadap gizi pangan.

Materi :

Kontrak kuliah, pengertian kimia dan gizi pangan, ruang lingkup. Konsep air dalam bahan pangan. Komponen kimia pangan (air, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral). Komposisi kimia pangan hasil pertanian (hewani, nabati dan hasil  perairan). Komponen bioaktif dalam bahan pangan. Perubahan air pangan akibat pengolahan ( kadar air, aktivitas air dan perubah air pangan akibat pengolahan). Sifat fisik pangan dan perubahan fisik pangan (gelatinisasi, denaturasi dll). Perubahan komponen kimia pangan (karbohidrat, protein, lemak) pada pangan dan akibat pengolahan (reaksi kecoklatan enzimatis dan nonenzimatis,oksidasi dan akibat iradiasi).Gizi dan evaluasi gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral..Senyawa antigizi dan fitokimia. Perubahan gizi akibat pengolahan.









Pengantar singkat keterkaitan dengan mata kuliah sebelum dan sesudah (PR / SPR) :

Mata Kuliah Azas Teknik Pengolahan merupakan Mata Kuliah wajib untuk PS-S1 Teknologi Pangan. Mata Kuliah Azas Teknik Pengolahan merupakan prasyarat bagi pengambilan Mata Kuliah berikutnya yaitu Teknik Pangan I serta mengantarkan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah tentang teknologi pengolahan berbagai komoditas pangan

 

Tujuan Instruksional Umum (TIU) M.K :

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan tentang ukuran, sistem satuan, sistem dimensi, perpindahan massa dan energi, neraca massa, neraca energi, serta penerapan prinsip thermodinamika untuk perpindahan panas, gas, uap, dan aliran air dalam proses pengolahan pangan.


Mata Kuliah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Telur merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S-1 Teknologi Pangan. Mata kuliah ini erat kaitannya dengan mata kuliah prasyarat sebelumnya yaitu Biologi, Kimia, Pengetahuan Bahan Pangan khususnya telur. Mata Kuliah ini membahas tentang sifat-sifat dan kualitas telur segar yang dikaitkan dengan proses penanganan, penyimpanan, pengawetan dan pengolahan dengan memperhatikan perkembangan mutakhirnya.



Analisis pangan membahas sampling dan penyiapan larutan untuk analisis kimia pangan. Selajutnya dibahas analisis kadar air, abu, protein, lemak, karbohidrat, asam dan vitamin.

Penyiapan larutan (alat-alat ukur, larutan standar primer, larutan standar sekender. Sampling (dasar pengambilan sampling/cuplikan). Dasar analisis (pemilihan prosedur, langkah analisis, kesalahan analisis, unit dan alat dasar analisis, penanganan sampel sebelum dianalisis, penundaan analisis sampel) Analisis karbohidrat (gula reduksi, gula total, pati, dekstrin, serat dan total padatan terlarut). Analisis lemak (metode Soxhlet dan Gerber). Analisis air (pengertian air pangan, analisis metode oven, metode toluene, aktivitas air). Analisis protein (metode Kjeldahl, spektrofotometer). Analisis hasil metabolit (alkohol, asam).Analisis abu (total abu, kalsium, fosfor). Analisis vitamin (vitamin C, vitamin A)


Mata kuliah Teknologi Pengemasan Pangan merupakan mata kuliah pilihan bagi mahasiswa program studi S-1 Teknologi Pangan. Mata kuliah ini mendukung kompetensi mahasiswa dalam menguasai pengetahuan tentang pengemasan dan pengepakan bahan pangan yang  meliputi: arti, peran, fungsi pengemasan dan pengepakan bahan pangan serta perkembangan  mutakhirnya.  Di dalam mata kuliah ini dibahas  tentang jenis, karakteristik, cara pembuatan dan identifikasi dari berbagai bahan pengemas, berbagai metode dan teknik pengemasan serta masalah khusus dalam pengemasan bahan pangan tertentu (keracunan, pengkaratan dan kerusakan lainya serta bagaimana cara/metode dan pendekatan penentuan umur simpan

Mata kuliah Teknologi Informatika merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi S-1 Teknologi Pangan Fakultas Peternakan dan Pertanian sebagai dasar dalam penguasaan berbagai sistem informasi yang berkembang saat ini. Mata kuliah ini mendukung kompetensi mahasiswa dalam memanfaatkan data di komputer (offline) maupun jaringan (online) dalam rangka mengelola dan memanfaatkan sumber informasi ilmiah serta menganalisisnya untuk digunakan sebagai acuan dalam artikel ilmiah dan dalam kegiatan ilmiah lainnya. Mahasiswa dikenalkan dengan pengetahuan dasar mengenai sistem operasi dan aplikasi pengolah data berbasis program aplikasi populer yang lazim digunakan dalam kegiatan ilmiah.


Mata Kuliah Teknologi Penanganan Limbah merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi S-1 Teknologi Pangan. Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada isu dan konsep global mengenai lingkungan yang berkaitan dengan produksi pangan yang berkelanjutan serta relevansinya dengan kepentingan nasional. Selain itu, membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai mutu air untuk pengolahan pangan, dan cara penanganan limbah dari pengolahan pangan.

Standar Kompetensi

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1) menjelaskan pentingnya produksi pangan berwawasan lingkungan dalam rangka pembangunan berkelanjutan; 2) memilih cara produksi pangan yang ramah lingkungan; 3) memilih produk pangan yang ramah lingkungan; 4) memilih metode penanganan limbah industri pangan yang efisien.