Mata kuliah Teknologi Informatika merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi S-1 Teknologi Pangan sebagai dasar dalam penguasaan berbagai sistem informasi yang berkembang saat ini. Mata kuliah ini mendukung kompetensi mahasiswa dalam memanfaatkan data di komputer (offline) maupun jaringan (online) dalam rangka mengelola dan memanfaatkan sumber informasi ilmiah serta menganalisisnya untuk digunakan sebagai acuan dalam artikel ilmiah dan dalam kegiatan ilmiah lainnya. Mahasiswa dikenalkan dengan pengetahuan dasar mengenai sistem operasi dan aplikasi pengolah data berbasis program aplikasi populer yang lazim digunakan dalam kegiatan ilmiah.


Mata Kuliah Teknologi Penanganan Limbah merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi S-1 Teknologi Pangan. Mata kuliah ini mengenalkan mahasiswa pada isu dan konsep global mengenai lingkungan yang berkaitan dengan produksi pangan yang berkelanjutan serta relevansinya dengan kepentingan nasional. Selain itu, membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai mutu air untuk pengolahan pangan, dan cara penanganan limbah dari pengolahan pangan.

Standar Kompetensi

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu: 1) menjelaskan pentingnya produksi pangan berwawasan lingkungan dalam rangka pembangunan berkelanjutan; 2) memilih cara produksi pangan yang ramah lingkungan; 3) memilih produk pangan yang ramah lingkungan; 4) memilih metode penanganan limbah industri pangan yang efisien.