Mata kuliah ini membahas mengenai sel dan biomolekul yang ada dalam tubuh manusia. Pembahasan tersebut kemudian dihubungkan dengan metabolisme dalam tubuh manusia hingga mengenai abnormalitas terkait genetika

Modul Manajemen Rumah Sakit dan Praktek Klinik ini merupakan modul yang menyajikan pembelajaran pengetahuan dan keterampilan mengelola rumah sakit secara umum dan atau praktek klinik kedokteran gigi. Sumber acuan kompetensi pada modul ini adalah SKDGI pada domain V dan VI mengenai kompetensi untuk mengelolah kesehatan gigi dan mulut komunitas dan mengelola praktek klinik kedokteran gigi.

Nilai penting dari pembelajaran modul ini adalah memberikan kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan manajerial diwaktu mendatang. Mahasiswa akan lulus menjadi dokter gigi yang profesional dan mempunyai kemampuan tambahan di bidang manajemen kerumahsakitan atau minimal manajemen praktek klinik. Hal ini sangat penting mengingat pelayanan kesehatan termasuk gigi mulut harus di kelola dengan baik. Pada era sekarang, pengelolaan pelayanan kesehatan harus memenuhi regulasi peraturan dan standar tertentu, sehingga pelayanan menjadi bermutu dan akuntabel.

Manajemen kerumahsakitan atau klinik mencakup konsep dasar manajemen, filosofi pelayanan kesehatan, manajemen mutu, SDM, keuangan, pelayanan dan sebagainya. Materi pembelajaran akan disampaikan dengan strategi pembelajaran berupa kuliah, praktikum, belajar mandiri berupa BBDM dan presentasi jurnal.  


Pada modul ini mempelajari masalah kesehatan umum dan gigi mulut, pada individu wanita yang sedang kehamilan. Perubahan fisiologis pada saat kehamilan sering berhubungan dengan penyakit gigi mulut dan penyakit sistemik.  Pada kondisi kehamilan juga terdapat janin yang akan terpengaruh oleh faktor internal genetik atau faktor lingkungan yang mempengaruhi tumbuh kembangnya hingga menjadi individu setelah lahir.


Dalam modul 7.1 ini dipelajari mengenai pembuatan rekam medik secara akurat dan komprehensif serta pengelolaan rekam medik sebagai dokumen legal dengan baik, pembuatan odontogram sesuai dengan pedoman yang berlaku, pembuatan data antemortem pada form untuk kepentingan identifikasi kedokteran gigi forensik, pembuatan rencana perawatan di bidang kedokteran gigi berdasarkan catatan medik yang tertulis pada rekam medik. Selain itu, modul ini juga akan mempelajari masalah serta penanganan kegawatdaruratan di bidang kedokteran dan kedokteran gigi yang meliputi kegawatdaruratan kasus gigi mulut pada pasien anak dan dewasa, kegawatdaruratan akibat trauma dentoalveolar, kegawatdaruratan akibat penggunaan obat-obatan, kegawatdaruratan pada pasien dengan kecemasan dan kompromis medis, melakukan tindakan pertolongan pertama (Basic Life Support / BLS) pada kegawatdaruratan medik.