Mata ajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif konsep dan praktik yang berhubungan dengan etika dalam berbisnis, serta analisis perilaku bisnis yang terjadi berdasarkan konsep dan pendekatan dalam teori etika bisnis.
- Teacher: Astiwi Indriani, S.E., M.M. [DOSEN]
This course discusses fundamental topics in finance, especially about: financial management functions, short term financing, short term planning, working capital investment, cash and securities management, receivables management, inventory management, capital budgeting, cost of capital structure, and financial statement analysis.
This course is designed to help the students achieve good knowledge in corporate financial management, develop capabilities to work effectively in a group and/or demonstrate effective individual research skills to produce professional quality business documents to solve problems related to current issues in financial management, and demonstrate in individual summative assessment task the acquisition of a comprehensive understanding of the topics covered by this course.
Mata kuliah mencakup bahasan mengenai teknik dan
proses Matematis yang sering diaplikasikan pada bidang ekonomi dan bisnis.
Bahasan matematis itu meliputi tinjauan ulang matematika dasar dan skill
matematika bisnis dengan penekanan pada aljabar, matematika diskrit, dan
kalkulus. Jadi pada dasarnya matakuliah ini menjelaskan aplikasi dan penggunaan
matematika pada bidang ekonomi dan bisnis dan bukan berorientasi pada
penjelasan matematika murni ataupun matematika teoritis.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar
manajemen, fungsi – fungsi dalam manajemen serta penerapannya dalam organisasi / perusahaan. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa
akan dapat menjelaskan konsep dasar manajemen, fungsi – fungsi dalam manajemen serta penerapannya
dalam organisasi / perusahaan.
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Manajemen Operasi (MO) dan peranan MO dalam
menciptakan keunggulan bersaing untuk memenangkan persaingan bisnis. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar MO dan menggambarkan sistem operasi dari perusahaan manufaktur dan
jasa, memahami keterkaitan antara MO dengan fungsi lain dalam perusahaan, serta memahami cara memenangkan persaingan bisnis melalui keunggulan kompetitif dalam fungsi operasi.
Manajemen Pemasaran
adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk
mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan aspek-aspek dalam
manajemen pemasaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib
diikuti oleh seluruh mahasiswa Manajemen. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan
pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan
strategi manajemen sumber daya manusia pada umumnya. Materi pembahasan
meliputi: Pentingnya MSDM dalam organisasi, Teori, Konsep, Ruang Lingkup dan
Tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Peraturan Perundangan dalam Ketenagakerjaan,
Analisis Pekerjaan, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekruitmen, Seleksi dan
Penempatan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Trainning dan
Development) Penilaian Kinerja, Karir Pegawai, dan Sistem Konpensasi, Manajemen
Lingkungan kerja dan Kesehatan Pegawai, Motivasi, produktivitas dan kualitas
kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang perkembangan
kontemporer MSDM di lingkup organisasi bisnis.
- Teacher: Dra. Rini Nugraheni, M.M. [DOSEN]
Mata kuliah ini membahas manajemen lembaga
keuangan Bank dan non Bank baik secara teori dan praktik .Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat mengetahui bermacam-macam
lembaga keuangan beserta produk-produk dan metode pengelolaannya.
Mata kuliah ini mempelajari strategi bisnis, unsur-unsur strategi, lingkungan internal &
eksternal perusahaan, alternatif strategi, pilihan strategi, evaluasi & pengendalian strategi, serta penerapan manajemen strategi.
- Teacher: Idris, S.E., M.Si. [DOSEN]
Mata kuliah ini berisi konsep dan elemen-elemen dasar akuntansi manajemen. Mata kuliah ini menekankan pada penggunaan informasi akuntansi untuk tujuan internal organisasi dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah ini secara umum menjelaskan bagaimana menggunakan informasi akuntansi untuk tujuan manajemen yang efektif. Materi mata kuliah akuntansi manajemen ini termasuk didalamnya membahas baik pendekatan tradisional dan kontemporer dalam akuntansi manajemen.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:
1. Mampu memahami peran informasi akuntansi untuk kebutuhan internal organisasi
2. Mampu membedakan kebutuhan akuntansi manajemen dalam organisasi yang berbeda
3. Mampu mengunakan informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan manajerial
4. Mampu memahami informasi akuntansi untuk pengendalian maajemenMata Kuliah ini dasar pemahaman berbagai alat analisis statistic untuk pengambilan keputusan.
- Teacher: Hersugondo Hersugondo
- Teacher: lala irviana