Mata ajaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif konsep dan praktik yang berhubungan dengan etika dalam berbisnis, serta analisis perilaku bisnis yang terjadi berdasarkan konsep dan pendekatan dalam teori etika bisnis.


This course discusses fundamental topics in  finance, especially about: financial management functions, short  term financing, short term planning, working capital  investment, cash and securities management, receivables management, inventory managementcapital budgeting,  cost of  capital structure, and  financial statement analysis. 

This course is designed to help the  students achieve good knowledge in corporate financial management, develop capabilities to work effectively  in a group and/or demonstrate effective individual research skills to produce professional quality  business documents  to solve problems related to current issues  in  financial management, and demonstrate  in individual  summative assessment task the acquisition of a  comprehensive understanding  of the topics covered by this course. 
  

  

Mata kuliah mencakup bahasan mengenai teknik dan proses Matematis yang sering diaplikasikan pada bidang ekonomi dan bisnis. Bahasan matematis itu meliputi tinjauan ulang matematika dasar dan skill matematika bisnis dengan penekanan pada aljabar, matematika diskrit, dan kalkulus. Jadi pada dasarnya matakuliah ini menjelaskan aplikasi dan penggunaan matematika pada bidang ekonomi dan bisnis dan bukan berorientasi pada penjelasan matematika murni ataupun matematika teoritis.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar manajemen, fungsi – fungsi dalam manajemen serta   penerapannya dalam organisasi / perusahaan. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep dasar manajemen, fungsi –   fungsi dalam manajemen serta penerapannya dalam  organisasi / perusahaan.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar Manajemen Operasi (MO) dan peranan MO dalam  menciptakan keunggulan bersaing untuk memenangkan persaingan bisnis. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar MO dan menggambarkan sistem operasi dari perusahaan manufaktur dan jasa,  memahami keterkaitan antara MO dengan fungsi lain dalam perusahaan, serta memahami cara memenangkan persaingan bisnis melalui keunggulan kompetitif dalam fungsi operasi.

Manajemen Pemasaran adalah merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu memperoleh laba. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami dan mengaplikasikan aspek-aspek dalam manajemen pemasaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Manajemen. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan, wawasan dan keterampilan tentang proses, mekanisme, prosedur dan strategi manajemen sumber daya manusia pada umumnya. Materi pembahasan meliputi: Pentingnya MSDM dalam organisasi, Teori, Konsep, Ruang Lingkup dan Tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, Peraturan Perundangan dalam Ketenagakerjaan, Analisis Pekerjaan, Perencanaan Sumber Daya Manusia, Rekruitmen, Seleksi dan Penempatan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Sumber Daya Manusia (Trainning dan Development) Penilaian Kinerja, Karir Pegawai, dan Sistem Konpensasi, Manajemen Lingkungan kerja dan Kesehatan Pegawai, Motivasi, produktivitas dan kualitas kerja. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tentang perkembangan kontemporer MSDM di lingkup organisasi bisnis.

Mata kuliah ini membahas manajemen lembaga keuangan Bank dan non Bank baik secara teori dan praktik .Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat mengetahui bermacam-macam lembaga keuangan beserta produk-produk dan metode pengelolaannya.

Mata kuliah ini mempelajari strategi bisnis, unsur-unsur strategi, lingkungan internal & eksternal perusahaan, alternatif strategi, pilihan strategi, evaluasi & pengendalian strategi, serta penerapan manajemen strategi.

Mata kuliah ini berisi konsep dan elemen-elemen dasar akuntansi manajemen. Mata kuliah ini menekankan pada penggunaan informasi akuntansi untuk tujuan internal organisasi dalam pengambilan keputusan. Mata kuliah ini secara umum menjelaskan bagaimana menggunakan informasi akuntansi untuk tujuan manajemen yang efektif. Materi mata kuliah akuntansi manajemen ini termasuk didalamnya membahas baik pendekatan tradisional dan kontemporer dalam akuntansi manajemen.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan:

1.      Mampu memahami peran informasi akuntansi untuk kebutuhan internal organisasi

2.      Mampu membedakan kebutuhan akuntansi manajemen dalam organisasi yang berbeda

3.      Mampu mengunakan informasi akuntansi untuk pengambilan keputusan manajerial

4.    Mampu memahami informasi akuntansi untuk pengendalian maajemen

Mata Kuliah ini dasar pemahaman berbagai alat analisis statistic untuk pengambilan keputusan.