Mata kuliah Ekonomi Makro Islam ini menjelaskan konsep perkembangan dalam teori ekonomi makro ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Pada mata kuliah ini ditekankan dalam penggunaan model ekonomi makro islam secara formal untuk mempelajari berbagai permasalahan dalam ekonomi makro. Pendekatan mata kuliah ini terletak pada model-model ekonomi makro islam, sehingga dalam pemaparan mata kuliah ini akan banyak digunakan pendekatan matematika ekonomi dan grafik. Topik yang akan dibahas dalam mata kuliah ini antara lain adalah alur perputaran ekonomi, analisis pendapatan nasional, teori konsumsi, teori investasi, keseimbangan IS-LM, pasar tenaga kerja, permintaan dan penawaran agregatif, perekonomian terbuka serta inflasi.

Ekonomi Mikro Islam adalah mata kuliah yang mempelajari bagaimana perilaku manusia dalam menentukan pilihannya, seperti konsumsi, produksi dan distribusi dengan berlandasarkan syariat islam. Setelah memahami konsep-konsep dasar tersebut mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi realitas dan menganalisis perilaku manusia dalam menentukan pilihannya, sekaligus mempraktikkan perilaku islami dalam konsep-konsep dasar mikroekonomi islam.

selamat datang dimata kuliah ekonomi makro Islam

Selamat Datang di mata kuliah Ushul Fiqh. Mata kuliah Ushul Fiqh adalah bagian dari ilmu syariah. Tujuan yang hendak dicapai dari ilmu Ushul Fiqh ialah untuk dapat menerapkan kaidah-kaidah terhadap dalil-dalil syara’ yang terperinci agar sampai kepada hukum-hukum syara’ yang bersifat amali yang ditunjuk oleh dalil-dalil itu. Dalam konteks Ekonomi Islam, Ushul Fiqh dapat berfungsi sebagai metode dalam membuat keputusan ekonomi baik bagi produsen, konsumen, distributor, rumah tangga, perusahaan maupun pemerintah.