Mata Kuliah Manajemen Operasi Penangkapan Ikan (MOPI) mempelajari tentang manajemen dalam mempersiapkan suatu operasi penangkapan ikan dalam usaha penangkapan ikan. 

Mata Kuliah Mesin dan Alat Bantu Penangkapan Ikan memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis mesin dan alat bantu penangkapan ikan, klasifikasi mesin dan alat bantu penangkapan ikan, serta kemampuan cara pengoperasian mesin dan alat bantu penangkapan ikan.

Mata kuliah Navigasi akan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai konsep navigasi, teori dan praktek penentuan posisi dan koordinat yang diperlukan oleh kapal perikanan untuk merencanakan pelayaran dari pelabuhan ke suatu daerah penangkapan ikan hingga kembali ke pelabuhan.

Mata kuliah ini berisi tentang klasifikasi, struktur dan fungsi organ bagi kelangsungan hidup, proses reproduksi, tingkah laku, distribusi dan pertumbuhan ikan.

Pada akhir semester mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan  akan dapat memahami tentang perhitungan Gross Tonase kapal, bagian-bagian kapal dan kontruksnya, serta cara menghitung volume ruang palka kapal perikanan,

Latihan pemahaman pembuatan soal daring untuk PS Perikanan Tangkap UNDIP

Mata Kuliah Metode Penangkapan Ikan mempelajari tentang berbagai aspek dari kegiatan penangkapan ikan yang meliputi definisi penangkapan ikan dan jenis-jenis aktivitas di dalam penangkapan ikan, prinsip-prinsip metode penangkapan ikan berdasarkan jenis ikan dan habitat ikan, cara pengoperasian berbagai alat penangkapan ikan serta klasifikasi alat penangkapan ikan.

Mata kuliah Akustik Kelautan memberikan dan/atau membekali pengetahuan tentang prinsip-prinsip akustik, echo sounder, fish finder, sonar, interpretasi data akustik, pemasangan peralatan akustik serta perawatannya

Mempelajari tentang definisi penangkapan ikan dan jenis-jenis kegiatannya, klasifikasi metode penangkapan ikan, serta prinsip-prinsip metode penangkapan ikan berdasarkan jenis dan habitat ikan

Mata kuliah Statistika terapan memberikan dan/atau membekali pengetahuan tentang jenis–jenis data statistik, memutuskan teknik pengambilan sampel, melakukan pengolahan data perikanan, pengujian hipotesis parametrik dan non parametrik, Uji  korelasi-regresi linier berganda. Dan menganalisis data–data statistik dalam penerapan kasus penelitian.