Ilmu dokumentasi merupakan mata kuliah dasar yang menjelaskan keilmuan dasar ilmu perpustakaan, mulai dari kemunculannya hingga tahap-tahap perkembangannya. Mata kuliah ini membahas tentang persepsi tentang dokumentasi, munculnya konsep dokumentasi, tonggak dokumentasi di Indonesia, gerakan neo-documentalist, perkembangan dokumen pasca 2003, konvergensi lembaga dokumenter, serta logika dokumentasi.

Mata Kuliah Sumber dan Jasa Informasi memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai teori serta praktik layanan referensi dan informasi. Kemampuan memberikan Layanan Referensi dan Informasi mencakup kegiatan konsultasi informasi di mana staf pustakawan merekomendasikan, mengiterpretasikan, mengevaluasi, serta menggunakan sumber daya informasi untuk membantu pemustaka memenuhi kebutuhan informasinya. Ruang lingkup pekerjaan layanan Referensi dan Informasi mencakup transaksi Informasi dan kegiatan lain yang melibatkan penciptaan dan pengelolaan sumber daya informasi meliputi pengembangan dan pemeliharaan koleksi referensi, sistem temu kembali informasi, database, website, mesin pencari, dan lain-lain, agar dapat dimanfaatkan secara mandiri oleh pemustaka untuk memenuhi kebutuhan informasinya, ruang likup pekerjaan selanjutnya adalah kegiatan penilaian yang mencakup penilaian dan evaluasi kegiatan referensi, sumber daya informasi, dan layanan. Mata kuliah ini juga memberikan teknik dan strategi penelusuran informasi berbasis web dan pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya.

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) selanjutnya penulis menyebutnya “MSDM”, berisikan konsep-konsep tentang peran manusia yang merupakan sebuah sumber daya yang paling penting dalam usaha suatu organisasi untuk mencapai tujuan keberhasilannya.