Matakuliah ini memberikan gambaran mengenai, dan mengembangkan kompetensi mahasiswa untuk memahami, fenomena birokrasi sebagai mesin penyelenggaraan negara. Outcome pembelajaran adalah membuat mahasiswa mampu berperan sebagai birokrat profesional pada saatnya kelak. Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk tatap muka dan diskusi kelompok dengan cara menelaah konsep-konsep birokrasi, dengan kegiatan yang terpadu antara kegiatan di dalam dan di luar kelas. Kegiatan dalam kelas berupa ceramah dan diskusi pada topik tertentu, dengan peran aktif oleh mahasiswa, sedangkan dosen berperan sebagai mitra belajar. Kegiatan di luar kelas dilakukan oleh mahasiswa, berupa survey dan pengamatan pada berbagai kegiatan yang berkaitan dengan topik yang dibahas dalam perkuliahan.

matakuliah pengantar ilmu politik ini, terbagi dalam dua konsepsi besar yakni; Pertama, mengenai ruang lingkup konsep dasar ilmu politik itu sendiri dari mulai kemunculan ilmu politik, keterkaitan ilmu politik dengan disiplin ilmu yang lain, dan demokrasi. Kedua, mengenai sistem politik yang diberlakukan baik di berbagai negara maupun sistem politik yang diberlakukan secara khusus di Indonesia sebagai kekhususan kajian politik dalam konteks sistem politik.

Selamat datang di matakuliah Pengantar Ilmu Sosial.  Mata Kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa pokok bahasan; pengertian, ruang lingkup, pendekatan-metode-teknik, sejarah perkembangan ilmu-ilmu sosial, deskripsi konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori ilmu sosial (sosiologi, antropologi, geografi, sejarah, ekonomi, psikologi, dan ilmu politik).