LAST CHANCE

HANYA INI PERTOLONGAN KAMI UNTUK ANDA REMIDI UAS SURVAILANS EPID

SEKALI LAGI PASTIKAN SINYAL INTERNET ANDA LANCAR JAYA

DAN INI BERBATAS WAKTU

HANYA DAPAT SEKALI SAJA MELAKUKAN UJIAN (ONE ATTEMPT ONLY)

JANGAN LUPA BERDOA

LALU PILIH JAWABAN YANG TEPAT

UAS SURVAILANS EPIDEMIOLOGI

PILIH JAWABAN YAN BENAR

PERHATIAN UAS BERBATAS WAKTU

UAS MK.

DASAR EPIDEMIOLOGI

BAGIAN EPIDEMIOLOGI DAN PENYAKIT TROPIK

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO

RABU, 8 JANUARI 2016

DOSEN : LINTANG DIAN SARASWATI, M.EPID

                 

PETUNJUK SOAL            :

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT DAN KLIK JAWABAN ANDA

 

PERINGATAN   :

UAS HANYA DAPAT DILAKUKAN SATU KALI (ONE ATTEMPT) DAN BERBATAS WAKTU. PENGOLAHAN NILAI DENGAN SISTEM KOMPUTER UNTUK MENGETAHUI SEBARAN NILAI, RATA-RATA KELAS DLL




UAS DIADAKAN DULUAN KARENA 5 MAHASISWA HARUS BURU2 DAPAT NILAI MATKUL SE KARENA BATAS SIDANG SKRIPSI MAKSIMAL TANGGAL 6 JUNI 2016..(HANYA MELAKSANAKAN PERINTAH DAN NIAT MEMBANTU MHSW, SMOGA TIDAK KENA MASALAH)

Survailans epidemiologi pada hakekatnya adalah suatu upaya pembelajaran kepada mahasiswa semester IV FKM UNDIP agar memperoleh kelanjutan pemahaman dari mata kuliah sebelumnya yaitu agent penyakit, dan dasar epidemiologi, pengendalian penyakit menular dan non menular. Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat memperoleh pemahaman bagaimana mengkaitkan survailans epidemiologi dengan metode pencegahan dan pengendalian penyakit sehingga mahasiswa mampu memberikan rekomendasi tentang bagaimana memecahkan suatu masalah kesehatan berbasis pada data survailans epidemiologi


Mempelajari konsep dasar dan ruang lingkup gizi mikro meliputi sejarah, metabolism, penentuan status gizi, fungsi dan angka kecukupan vitamin dan mineral. Juga membahas tentang kaitan antara konsumsi vitamin dan mineral dengan berbagai penyakit yang diakibatkan karena defisiensi zat gizi mikro.

Mata kuliah ini akan berisi tentang pengertian/definisi epidemiologi, ruang lingkup epidemiologi, sejarah perkembangan ilmu epidemiologi, manfaat/penggunaan epidemiologi, prinsip dasar epidemiologi dalam menganalisis masalah kesehatan, konsep penyakit dan teori terjadinya penyakit, riwayat alamiah penyakit (natural history of diseases), ukuran frekuensi penyakit, epidemiologi deskriptif, epidemiologi analitik, desain studi epidemiologi, kriteria kausalitas,  surveilans epidemiologi, penyelidikan epidemiologi, skrining, serta kejadian luar biasa (KLB)/wabah, dan transisi epidemiologi.

 

Definisi /pengertian penyakit dan istilah-istilah yang relevan dan penting dalam pengendalian penyakit seperti pengertian penyakit menular dan non menular, natural history of disease, periode pre pathogenesis, periode pathogenesis, symptom, konvalesens, dan lain sebagainya.

Konsep penyakit menular dan tidak menular seperti konsep host, agent, environment, konsep bagaimana transmisi/penularan suatu penyakit dapat terjadi. Perbedaan penyakit menular dan non menular.

Cara-cara mengendalikan penyakit seperti kontrol, eliminasi, eradikasi, isolasi, karantina dengan prosedur, strategi, syarat pengendalian, dan lain sebagainya akan diberikan di proses belajar mengajar termasuk tentang hambatan dan kesulitan pengendalian penyakit selama ini.