Mata kuliah inibertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang perspektif sosiologis dalam kajian komunikasi. Tiga persoalan utama yang akan dibahas adalah perspektif klasik, modern, dan pasca modern yang dikontekstualisasikan dalam melihat berbagai persoalan media massa.


Manajemen Komunikasi Organisasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. 

Pada kajian manajemen komunikasi organisasi, mahasiswa akan mampu menganalisa komunikasi organisasi dari berbagai perspektif, dan secara kritis mampu mengevaluasi proses komunikasi dalam sebuah organisasi, sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan sekaligus solusi komunikasi efektif dalam proses pengelolaan organisasi, baik secara internal maupun eksternal. 

Mahasiswa juga didorong untuk memperluas wawasan manajemen dalam mengelola reputasi, kohesivitas, produktivitas, kreativitas, sampai dengan konflik, dan atau krisis dalam organisasi, dengan memberdayakan seluruh sumber daya komunikasi, berdasarkan contoh-contoh kasus yang ada. 



Manajemen Komunikasi Organisasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Pada kajian manajemen komunikasi organisasi, mahasiswa akan mampu menganalisa komunikasi organisasi dari berbagai perspektif, dan secara kritis mampu mengevaluasi proses komunikasi dalam sebuah organisasi, sehingga dapat mengidentifikasikan permasalahan sekaligus solusi komunikasi efektif dalam proses pengelolaan organisasi, baik secara internal maupun eksternal.

Mahasiswa juga didorong untuk memperluas wawasan manajemen dalam mengelola reputasi, kohesivitas, produktivitas, kreativitas, sampai dengan konflik, dan atau krisis dalam organisasi, dengan memberdayakan seluruh sumber daya komunikasi, berdasarkan contoh-contoh kasus yang ada.


Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada mahasiswa berbagai pendekatan teoritis, metodologis dan praktis  terkait manajemen media massa (cetak, elektronik, online) di Indonesia pada khususnya maupun global pada umumnya dengan menggunakan perspektif ekonomi media.

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih lanjut kepada mahasiswa tingkat pascasarjana berbagai perspektif  ekonomi-politik dalam mencermati industri media massa di Indonesia pada khususnya maupun media global pada umumnya. Dalam perspektif semacam ini media dilihat tidak hanya sebagai institusi ekonomi saja, tapi juga sebagai institusi politik yang menyediakan arena bagi pemenuhan kepentingan politik berbagai kelompok sosial yang ada di masyarakat beserta implikasinya pada kebijakan media internal dan eksternal.


Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih dalam kepada mahasiswa tingkat pasca sarjana berbagai perspektif  ekonomi-politik dalam mencermati industri media massa di Indonesia pada khususnya maupun global pada umumnya. Dalam perspektif semacam ini media dilihat tidak hanya sebagai institusi ekonomi saja, tapi juga sebagai institusi politik yang menyediakan arena bagi pemenuhan kepentingan politik pihak-pihak tertentu yang berjaya untuk menguasai isi media.  


Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman lebih lanjut dan komprehensif pada mahasiswa tingkat pascasarjana untuk menguasai secara konseptual teoritis isu-isu pokok dalam filsafat ilmu dan objek wacana dalam filsafat komunikasi

Mata kuliah berisi pembahasan dan praktek tentang kegiatan jurnalistik (mulai dari pencarian, pengolahan, penyampaian dan penyajian informasi kepada publik) yang dilakukan dengan menggunakan media digital berbasis Internet.