Komputer pribadi (personal computer - pc) saat ini bukanlah barang mewah, banyak orang dari berbagai disiplin ilmu sudah menggunakan alat ini. Demikian juga dengan aplikasi yang dapat dijalankan pada sebuah PC sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari yang sekedar hiburan (game), aplikasi perkantoran hingga aplikasi yang sangat rumit sekalipun dapat dijalankan pada sebuah PC. Hal ini disebabkan oleh teknologi PC telah mencapai suatu tingkatan yang sangat luar biasa dengan operasi kerja prosesor sudah mencapai 3 milyar instruksi per detik. Padahal sekitar dua dekade yang lalu untuk kemampuan komputer yang lebih rendah (1 milyar operasi per detik) harganya mencapai beberapa puluh juta dolar. Oleh karena fungsinya sangat banyak dan programmable kiranya mahasiswa perlu untuk memahami dasar-dasar sebuah sistem komputer dan pemahaman bahasa pemrograman sesuai dengan keperluannya. Bahasa pemrograman standar untuk Universitas adalah Pascal, namun demikian dasar-dasar pemrograman lain akan diberikan untuk mendukung penyelesaian tugas akhirnya yaitu bahasa C, aplikasi MathLab, bahasa Python dan bahasa-bahasa scripting untuk pemrograman berbasis web.

Mata kuliah ini berisi konsep teori dan praktek tentang Struktur Sistem Operasi, Proses-proses, Penjadwalan CPU, Sinkronisasi Proses, Deadlock, Sistem Masukan-Keluaran (I/O Systems), Memori Virtual, dan Sistem Penyimpanan Massal.

Kuliah Dasar Komputer dan Pemrograman merupakan pengantar untuk mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer serta mata kuliah yang terkait dengan pemrograman. Pada mata kuliah ini akan dipelajari konsep awal dari struktur dan fungsi komputer dengan mengacu pada struktur komputer Von Newman / komputer IAS yang meliputi pembahasan tentang memori utama, ALU, siklus instruksi dasar, serta I/O. Untuk dasar pemrograman, akan difokuskan pada struktur kontrol yang meliputi struktur kontrol sequential, struktur kontrol kondisi, dan struktur kontrol iterasi.