Manajemen Industri Pakan adalah mata kuliah yang mengajarkan bagaimana cara mengatur dan mengevaluasi suatu proyek dalam hal ini industri pakan. Proyek dibuat dalam jangka waktu tertentu, mempunyai titik awal yaitu kegiatan pada saat dimulainya pembuatan proyek, dan mempunyai titik akhir dimana proyek tersebut sudah selesai dibuat, dan sudah siap untuk dipakai. Jangka waktu antara titik awal sampai dengan titik akhir inilah waktu kegiatan proyek yang aktivitasnya telah direncanakan dan diharapkan dapat dilaksanakan dalam satu kesatuan yang menggunakan sumberdaya terbatas untuk mendapatkan benefit (kemanfaatan) yang maksimal. Disamping penanaman modal yang berupa dana, maka proyek juga membutuhkan tenaga kerja dan manajemen untuk penanganannya, sebab tanpa manajemen yang baik maka proyek tidak dapat selesai pada saat yang ditentukan dan juga tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan. Oleh sebab itu mata kuliah ini disusun untuk membantu mahasiswa memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang bagaimana mengelola dan mengevaluasi suatu usaha industri pakan.

Bahan pakan termasuk salah satu komoditas yang secara umum berasal dari hasil pertanian, termasuk hasil ikutannya (by product). Bahan dari hasil pertanian umumnya memiliki sifat mudah rusak, meskipun ada yang tidak mudah rusak dan ada juga yang sangat mudah rusak. Pengawasan atau pemeriksaan mutu (quality assurance) yaitu pemeriksaan apakah segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana yang digariskan, instruksi-instruksi yang dikeluarkan dan prinsip-prinsip yang dianut.

Pada mata kuliah ini dibahas metode evaluasi kualitas pakan yang umum digunakan di lapang dan pabrikan, manajemen mutu terpadu, HACCP pabrik pakan serta kebijakan pakan yang berlaku untuk pengendalian mutu pakan (quality control).